Apa Itu Pareidolia, apakah itu penyakit berbehaya?

Apa Itu Pareidolia
Pareidolia merupakan fenomena psikologis di mana seseorang dapat melihat suatu bentuk, pola, atau objek tertentu pada benda mati. Di Dalam dunia kesehatan, fenomena seperti ini digolongkan ke dalam ilusi visual (keliru menangkap, melihat dan mengartikan suatu gambar / bentuk) dan halusinasi visual (seolah-olah melihat wajah padahal tidak). 
Apakah Pareidolia ini Merupakan Sebuah Penyakit? 
Otak manusia memiliki bagian yang bertanggung jawab terhadap pengenalan dan persepsi akan wajah dan bentuk, yaitu pada bagian depan (frontal) dan samping (temporal) otak. Menurut dr.Nouchine Hadjikhani dari Harvard University, dia mengatakan bahwa fenomena ini sudah terjadi sejak lahir, di mana otak manusia akan langsung memproses bagian-bagian wajah yang pertama kali dilihatnya. Meskipun begitu, beberapa kelompok peneliti lainnya berpendapat. bahwa munculnya fenomena ini dapat menjadi salah satu gejala adanya suatu penyakit, terutama yang berhubungan dengan sistem saraf pusat manusia. 

Berikut adalah beberapa pengakit yang sering dikaitkan dengan Paredolia. 

Lewy body dementia 
Salah satu gejala yang sering diamali orang dengan lewy body dementia (penyakit pikun) adalah halusinasi visual, yang menyumbang angka hingga 70 persen dari keseluruhan pasien. Halusinasi visual timbul akibat terjadi degenerasi bagian tertentu serta penumpukan Lewy body (sejenis plak berupa protein) pada beberapa area dalam otak. Akibatnya, terkadang pasien sering melihat orang, atau hewan tertentu yang sebenarnya tidak ada. 

Penyakit Parkinson 
Penyakit Parkinson merupakan suatu penyakit yang cukup banyak ditemukan dalam masyarakat. Penyakit dengan ciri penderitanya berjalan lambat disertai langkah kecil-kecil ini dipercaya muncul akibat ketidakseimbangan zat-zat pengatur di dalam otak manusia. 

Menurut beberapa penelitian, orang dengan penyakit Parkinson juga sering mengalami ilusi visual. mereka sering melihat seseorang yang sebenarnya bukan manusia, melainkan benda mati. Beberapa area otak yang berhubungan dengan persepsi penglihatan dan halusinasi diyakini berperan dalam hal ini. 

Bagaimana Dokter Bisa Memastikan Diagnosis? 
Pareidolia adalah suatu fenomena yang bisa didiagnosis dengan melakukan tes dengan cara melihat gambar-gambar tertentu. Subjek atau seseorang yang diduga mengalami Paredolia akan diuji, nantinya akan ditanya pendapatnya mengenai gambar tersebut dan responsnya akan dinilai, terutama bila subjek berkata bahwa dirinya melihat gambar tersebut menyerupai sesuatu atau seseorang. Metode tes semacam ini bersifat subjektif, jadi hasilnya benar-benar tergantung pada respons orang yang diuji. Dokter juga akan melihat gejala lainnya yang berkaitan dengan penurunan fungsi kognitif otak seseorang. 

Berikut beberapa cara singkat untuk melihat apakah kalian mengalami gejala Pareidolia atau tidak. 

Perhatikan gambar –gambar dibawah ini. 



jika kalian melihat wajar digambar ini kalian, berarti mengalami gejala Paredolia.

Apakah Pareidolia Bisa Diobati? 
Bagi kalian yang mengalami pareidolia, tidak perlu takut. Karena Belum tentu fenomena tersebut merupakan penyakit karena memang sampai saat ini belum ada bukti yang kuat antara hubungan pareidolia dengan penyakit otak tertentu. 

Namun, ada baiknya konsultasikan keluhan yang Anda alami kepada tenaga kesehatan apabila dirasa sangat mengganggu kegiatan Anda sehari-hari atau ada kekhawatiran dari orang-orang terdekat Anda. 

Sekian dulu dari saya, semoga artikel ini memberikan sedikit informasi untuk kalian. nantikan artikel manarik lainnya hanya di cryptowebindo.com.

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Pareidolia, apakah itu penyakit berbehaya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel