Sering meminum air dingin bisa menjadi gemuk?

Sering meminum air dingin bisa menjadi gemuk? - Ada banyak mitos yang berkembang dimasyarakat seputar diet. Salah sartunya adalah sering meminum air dingin bisa membuat tubuh kita menjadi lebih gemuk, benarkah itu?. Apakah ini fakta ataukah hanya mitos saja. berikut artikel yang saya tulis tentang masalah ini. 
Segelas air dingin adalah pelepas dahaga di tengah hari yang panas. Namun, banyak orang percaya bahwa keseringan minum air dingin bisa membuat badan gemuk. Benarkah demikian? 

Air dingin dipercaya menggemukkan karena dapat membekukan lapisan lemak di perut. Tapi itu hanya mitos belaka. Faktanya, menurut Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, air dingin yang diminum justru akan menghangat sesuai dengan suhu tubuh, sehingga tidak mungkin membekukan lapisan lemak. Karena itu, selama yang Anda minum adalah air putih dan bukan minuman manis atau berkalori tinggi, tidak perlu khawatir berat badan Anda bertambah. 

Lagipula, air mineral dingin atau panas tetap nol kalori. Kandungan air : 0 gram karbohidrat, 0 gram lemak, 0 gram protein. Tergantung pada sumber, air juga bisa mengandung beberapa mineral dan vitamin.

Lantas apakah minum air dingin dapat menguruskan badan? Jawabannya tidak. Menurut pakar kesehatan, terlalu banyak mengonsumsi air justru tidak menjamin tubuh menjadi langsing. Memang, konsumsi banyak air bisa membuat Anda kenyang sehingga tidak akan mengonsumsi makanan secara berlebihan. Namun, terlalu banyak minum air justru membuat Anda berisiko tinggi mengalami keracunan dan mengganggu proses pembakaran kalori. Alih-alih membuat tubuh cepat langsing, yang terjadi justru Anda bisa menjadi lebih gemuk karena kebiasaan ini. 

Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi air putih dengan cukup, yakni sekitar 8 gelas per hari. Agar tubuh bisa terjaga kesehatan dan berat badannya, pastikan untuk selalu menerapkan pola makan yang sehat, berolahraga secara rutin, dan tidur dengan waktu yang cukup. 

Manfaat Minum Air Dingin 
Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa mengonsumsi air dingin ternyata dapat meningkatkan metabolisme dan membuat perut lebih kenyang. Saat mengonsumsi air dingin, organ tubuh akan membakar kalori ekstra demi menghangatkan kembali cairan yang masuk ke tubuh. 

Tubuh memerlukan cairan agar jalinan-jalinan sel dapat berfungsi dengan baik. Tubuh yang mengalami kekurangan cairan berisiko mengalami gangguan metabolisme tubuh. Padahal, kesehatan metabolisme penting untuk dijaga demi menjamin serangkaian proses kimiawi, termasuk mengubah makanan menjadi sumber tenaga. 

Walau demikian, efek penurunan berat badan ini tidak begitu saja langsung diperoleh. Proses ini akan berlangsung secara bertahap tergantung peningkatan metabolisme tubuh. Meski begitu, hasil penelitian ini masih membutuhkan penelitian lanjutan. 

Selain itu, minum air dingin setelah olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk melakukan olahraga lebih lama dan dapat menjaga suhu tubuh inti tidak meningkat secara signifikan. 

Jadi artinya meminum air dingin tidak akan membuat tubuh menjadi lebih gemuk. Melainnya air dingin bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Tapi perlu di ingat air yang sehat adalah air yang tidak berasa dan berwarna seperti kopi, bir dan lainnya. minumlah air mineral saat bangun tidur, olahraga, dan saat sedang makan. 

Sekian dulu dari saya terima kasih, sudah membaca artikel ini. tunggu artikel –artikel lain yang membahas tentang kesehatan dan gaya hidup hanya di Cryptowebindo.

Tidak ada komentar untuk "Sering meminum air dingin bisa menjadi gemuk? "

Berlangganan via Email