Apa itu penyakit ALS (Amyotrophic lateral sclerosis)?

Apa itu penyakit ALS (Amyotrophic lateral sclerosis)? - ALS singkatan Amyotrophic lateral sclerosis. salah satu penyakit saraf yang menyerang sel-sel saraf tertentu (neuron) di dalam otak yang mengakibatkan sumsum tulang mati secara perlahan. jika kalian mengetahui Stephen Hawking, ya benar dia adalah satu-satu penderita penyakit ALS dan mungkin salah satu yang terparah. 
Ada dua jenis tipe penyakit ALS (Amyotrophic lateral sclerosis) yaitu :
Neuron motorik atas: Sel saraf di otak.
Neuron motorik bawah: Sel saraf di sumsum tulang belakang.

Saraf neuron motorik ini mengendalikan semua gerakan refleks atau spontan di otot lengan, kaki, dan wajah kalian. Neuron motorik juga berfungsi memberitahu otot-otot Anda untuk berkontraksi sehingga Anda bisa berjalan, berlari, mengangkat beban di sekitar, mengunyah dan menelan makanan, dan bahkan bernapas.

Tanda-tanda & gejala penyakit ALS (Amyotrophic lateral sclerosis)
Gejala awal ALS sering kali dimulai dari masalah otot ringan, lalu menyebar ke bagian tubuh yang lain. Seiring berkembangannya penyakit, gejala akan makin memburuk, sel-sel saraf akan rusak, dan otot akan terus melemah sehingga memengaruhi kemampuan penderita dalam berbicara, berjalan, dan menggerakan anggota tubuh lainnya dan yang terburuk si penderita akan mengalami kelumpuhan. Meskipun penyakit ini menyerang sistem saraf tapi ALS dinya mempengaruhi indra pengalihatan, penciuman, perasa dan pendengaran. jadi meskipun sang penderita pada akhirnya lumpuh dia masih bisa merasakan, mendengar dan melihat hanya saja dia tidak bisa bergerak. 

Obat & Pengobatan
sampai saat ini belum ada obat atau pengobatan yang bisa menyembuhkan penyakit ini. Pengobatan dan perawatan yang ada saat ini hanya bertujuan untuk mengontrol gejala dan mendukung pasien selama mungkin. dan salah satu obat yang diberikan untuk penyakit ALS adalah riluzole, obat ini hanya untuk  memperlambat perkembangan ALS namun efeknya terbatas. dan ada beberapa obat-obatan lain yang bisa diberikan tapi sifatnya hanya untuk mengontrol kejang, kesulitan menelan, kram dan nyeri pada otot. selain perawatan pasien ALS juga bisa melakukan terapi fisik. tujuan terapi fisik sama seperti pengobatan dengan obat yaitu, hanya untuk memperlambat proses kerusakan sel saraf. 
Penyebab Amyotrophic Lateral Sclerosis(ALS)
belum ada bukti yang pasti tentang Penyebab penyakit ALS. Namun, sekitar 5-10% kasus ALS yang ada diketahui terkait dengan faktor keturunan. Selain faktor keturunan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ALS diduga terkait dengan sejumlah kondisi di bawah ini:
  • Kelebihan glutamat : Glutamat adalah zat kimia yang berperan sebagai pengirim pesan dari dan ke otak serta saraf. Namun bila menumpuk di sekitar sel saraf, glutamat dapat menimbulkan kerusakan pada sistem saraf.

  • Gangguan sistem imun : Pada penderita ALS, sistem kekebalan tubuh terkeadang menyerang sel-sel saraf yang sehat, sehingga menyebabkan kerusakan pada sel-sel tersebut.

  • Gangguan mitokondria : Mitokondria merupakan tempat pembentukan energi di dalam sel. Gangguan dalam pembentukan energi ini bisa merusak sel-sel saraf dan mempercepat penyebaran penyakit ALS.

  • Stres oksidatif : Kadar radikal bebas yang berlebihan akan menyebabkan stres oksidatif dan menyebabkan kerusakan pada berbagai sel tubuh terutama sel saraf. 

jadi itulah penjelasan tentang penyakit ALS ((Amyotrophic lateral sclerosis), jika ada pertanyaan tentang masalah ini salahkan tinggalkan komentar dibawah. sampai jumpa lagi diartikel saya selanjutnya, terima kasih. 

Tidak ada komentar untuk "Apa itu penyakit ALS (Amyotrophic lateral sclerosis)?"

Berlangganan via Email